Wisata Waterpark di Jember



Jemberadalah salah satu kota besar di Jawa Timur yang secara geografis memiliki keunggulan tersendiri bila dibandingkan dengan kota-kota lain di Jawa Timur. Kota Jember banyak dijadikan sebagai rujukan dalam berbagai bidang seperti pemerintahan dan swasta, begitu juga di sektor bisnis dan pariwisatanya. Pesatnya pertumbuhan ekonomi di sektor bisnis dan pariwisata telah membuka beberapa peluang baru untuk menciptakan suatu konsep wisata baru yang menarik dan beda dengan lainnya, misalnya waterpark. Berikut beberapa waterpark yang ada di kota Jember yang bisa dijadikan rujukan untuk berwisata atau berakhir pekan bersama keluarga.

Info trend wisata & Jendela Inspirasi :
Wisata selfie di hutan pinus Songgon - Banyuwangi
Hutan wisata di Mojosemi Forest Park - Magetan  
Wisata selfie di bukit kembang view gunung bromo  


wisata waterpark di jember
Tiara Waterpark adalah tempat wisata yang terletak di jalan Kaliurang, Sumbersari Jember yang dekat dengan wilayah kampus dan perkotaan. Tempat wisata ini dibangun diatas lahan seluas 6,5 Ha dengan konsep yang kreatif, dinamis dan edukatif dengan mengedepankan kualitas pelayanan yang baik dan mulai dibuka pada tanggal 1 Januari 2011. Tempat wisata ini memiliki keunggulan tersendiri dan diharapkan mampu bersaing dengan kompetitor lain di bidang pariwisata. Beberapa fasilitas yang ada di Tiara Waterpark ini antara lain adalah wahana bianglala, wahana perahu ayun, kolam zet air mancur, kolam sport, kolam playground, kolam race bowl, outbond, flying fox dan beberapa fasilitas lain sebagai penunjang. Tiara Waterpark ini dibuka setiap hari, kecuali senin mulai jam 08:00 pagi hingga jam 17:00 sore dengan tiket masuk Rp.20.000,- untuk hari selasa hingga sabtu dan hari libur Rp.25.000,-, dan tiket gratis untuk pengunjung yang masuk mulai jam 5 sore hingga jam 10 malam untuk wahana non waterboom dan wahana permainan seperti cafe dan karaoke. Tiket tersebut sudah termasuk 6 kolam waterboom, yang didekatnya terdapat fasilitas penunjang seperti bangunan gazebo untuk beristirahat yang berjumlah 13 buah, taman yang dilengkapi dengan berbagai wahana bermain seperti ayunan dan jungkat-jungkit. Untuk wahana lain seperti perahu ayun, bianglala dan ATV ada tiket tersendiri. Didalam waterpark terdapat beberapa slider di 3 kolamnya, mulai yang pendek hingga tinggi 8 meter. 3 kolam renang lain juga mempunyai fasilitas seluncuran dengan ketinggian 10 – 15 meter dan panjang seluncuran hingga mencapai 75 meter. Untuk meningkatkan fasilitas pelayanan pada tahun 2015 dibangun beberapa cottage untuk penginapan karena tingginya permintaan pasar yang rata-rata para pengunjungnya adalah lembaga-lembaga sekolah dan instansi yang melakukan gathering di tempat ini dan pada umumnya mereka berasal dari luar Jember. Diperkirakan dalam sehari tempat ini dikunjungi 400  hingga 500 pengunjung dan meningkat bila hari Minggu dan libur nasional. Para pengunjung tidak perlu kuatir kelaparan karena di area waterpark telah disediakan wahana kuliner dengan berbagai kota Jember ambil arah Bondowoso, setelah lampu merah ketiga, belok ke arah kampus di Tegalboto, lurus setelah perempatan kedua belok ke jalan Kaliurang hingga dijumpai papan nama bertuliskan Tiara Jember Park Waterboom.

wisata waterpark di jember
Niagara Waterboom adalah obyek wisata yang dibuka pada akhir tahun 2009, terletak di kecamatan Ambulu sebelah selatan dari kota Jember, sekitar 20 Km dari kota. Obyek wisata ini biasa dikenal dengan Niagara Waterpark ini menawarkan kesegaran mata air alami dengan pemandangan khas pedesaan. Niagara Waterpark ini memiliki fasilitas 3 kolam renang dengan berbagai ukuran untuk anak-anak dan dewasa juga beberapa fasilitas pemandian lainnya. Untuk kolam anak-anak juga dilengkapi dengan water slide dan sungai buatan mengelilingi kolam dan dijamin aman untuk bermain anak-anak usia 3 tahun ke atas. Di pinggir kolam juga disedikan fasilitas untuk beristirahat pengunjung sambil menunggu anak-anaknya bermain air, terdapat 2 buah gazebo dengan ukuran 6x6 meter yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati beberapa menu kuliner yang bisa dibeli pengunjung di stand-stan kuliner yang ada di area waterpark. Terdapat juga sebuah bale besar yang menghadap ke panggung terbuka yang bisanya digunakan untuk event-event hiburan seperti live music pada tahun baru atau lebaran dan beberapa atraksi yang bisa dinikmati para pengunjung.

wisata waterpark di jember
Pemandian Kebon Agung terletak di sebelah utara kota Jember, sekitar 3 Km dari kota, tepatnya di desa Kebon Agung, kecamatan Kaliwates, Jember. Pemandian ini terletak di ketinggian 110 Dpl sehingga memiliki udara yang lumayan sejuk. Wisata pemandian ini memiliki 2 buah kolam renang dengan air yang berasal langsung dari mata air watu remuk sehingga memiliki air yang jernih alami dan sangat kecil kandungan kaporitnya karena air terus mengalir sehingga aman dan nyaman bagi para pengunjung. Dua buah kolam untuk anak-anak dan dewasa yang memiliki panjang 50 meter dan lebar 20 meter dengan terdapat 8 jalur kolam. Pemandian ini sekaligus sebagai tempat wisata keluarga, karena di sekitar pemandian telah disediakan fasilitas pendukung seperti tempat penginapan atau hotel, taman bermain dan tempat kuliner atau restoran.

wisata waterpark di jember
Pemandian Patemon terletak di sebelah barat dari kota Jember, sekitar 30 Km dari kota, di kecamatan Tanggul, dari terminal Tanggul bisa menumpang angkot atau bus kota langsung turun di depan pemandian. Lokasi pemandian ini berada di ketinggian 500 Dpl hampir sama dengan wisata Krembangan di desa Kemuning Lor, Arjasa. Terletak dikaki gunung Argopuro sehingga memiliki udara yang sejuk. Air di pemandian ini berasal dari mata air di gunung Argopuro yang jernih alami bebas kandungan bahan kimia seperti kaporit dan diakhir pekan atau saat liburan tempat ini cukup ramai dengan pengunjung . Tempat ini juga cocok untuk wisata bersama keluarga. Konon, air di pemandian patemon ini di percaya memiliki banyak khasiat seperti untuk menyembuhkan kolestrol, membersihkan ginjal dan paru-paru, tidak heran banyak pengunjung yang berdatangan untuk sekedar memanfaatkan air dari mata air gunung Argopuro ini sebagai pengobatan alternatif. Menurut keterangan salah satu petugas, air di patemon ini dianggap berkhasiat karena rendah TDS-nya atau rendah kandungan unsur padat atau mineral yang larut dalam air, seperti unsur aluminium, besi, perak, seng, mangan dan garam. Jadi makin tinggi kadar mineral larut dalam air maka air tersebut tidak layak untuk di konsumsi.  Sumber mata air Patemon ini, memiliki kadar TDS sekitar 24 sampai 28 ppm. Kadar tersebut lebih rendah dari air kemasan mineral yang rata-rata memiliki TDS 125 ppm. Pemandian ini mempunyai mitos tersendiri bagi pasangan pengantin baru, sering kali pasangan pengantin itu datang ketempat ini untuk sekedar mandi dengan menggunakan pakaian lengkap pengantin yang konon dipercaya akan membuat rumah tangga menjadi langgeng. Hal ini tidak lepas dari legenda Dewi Rengganis sebagai penguasa di Gunung Argopuro yang dahulu konon disekitar patemon ini terdapat sebuah telaga tempat mandi sang dewi dan menjadikan tempat itu sebagai pertemuan dengan sang pujaan hati pangeran andi sose yang menyebabkan kecemburuan pada pangeran Ratmaja yang juga menaruh hati pada sang dewi dan timbul perkelahian yang menyebabkan pangeran Ratmaja tewas dan jasadnya dikuburkan di sekitar telaga. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan sebuah makam kuno di belakang pemandian yang dipercaya sebagai makam pangeran Ratmaja yang oleh penduduk sekitar dikenal sebagai Mbah Eyang sapu jagat.

wisata waterpark di jember
Pemandian Oleng Sibutong terletak di barat laut dari kota Jember, sekitar 10 Km dari kota, tepatnya di desa Biting, Kecamatan Arjasa Jember. Tempat pemandian ini cocok untuk berwisata bersama keluarga karena selain mempunyai pemandangan yang indah air di pemandian ini berasal dari mata air pegunungan yang jernih alami yang dijamin nyaman dan aman bagi pengunjung. Nama pemandian ini diambil dari nama seekor belut buntung atau dalam bahasa madura oleng yang berarti belut dan butong yang berarti buntung atau tanpa ekor. Belut ini hidup di mata air untuk mengisi kolam pemandian ini. Di hari libur atau akhir pekan tempat ini cukup ramai dikunjungi dan mandi dipemandian ini dipercaya bisa membikin awet muda dan dihari libur nasional sering diadakan acara live musik. Cukup mudah untuk mencapai tempat pemandian ini karena cukup banyak petunjuk arah menuju ke sana, dari kota Jember ke arah Bondowoso, setelah sampai di kecamatan Arjasa akan ada petunjuk menuju tempat pemandian ini kemudian belok kanan.
wisata waterpark di Jember
Waterboom Happyfun 2 Kencong, Terletak di jalan Krakatau No.42 Kencong di sebelah barat Masjid Al-Falah. Waterboom ini buka mulai pagi hari jam 7 hingga sore jam 4 dengan tiket masuk Rp.10.000,- dan pada malam hari dari jam 17:00 - 22:00 dengan tiket Rp.5.000,- untuk usia 2 tahun keatas. Waterboom Happyfun 2 ini memiliki fasilitas kolam renang untuk dewasa, kolam renang anak-anak, aneka permainan air, playground, aula dengan fasilitas full karaoke dan beberapa fasilitas lain. Anda bisa mencoba berakhir pekan bersama teman atau pun keluarga dengan nyaman dan aman di tempat ini.



Artikel lain :


2 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda, terima kasih