Wisata Pantai Di Lumajang



Lumajang – Letaknya yang berbatasan langsung dengan samudra hindia di sebelah selatan menjadikan kabupaten Lumajang memiliki beberapa pantai yang dapat dijadikan rujukan para wisatawan untuk berlibur ke Lumajang selain wisata Ranu dan Gunung Semeru. Tidak kalah dengan pantai-pantai yang ada di kabupaten tetangganya seperti di Jember yang terkenal dengan pantai Watu Ulo, pantai Papuma, Teluk Love dan tempat selancar pantai Payangan, Kabupaten Lumajang juga mempunyai beberapa pantai yang sangat indah, antara lain sebagai berikut :


pantai di lumajang
Pantai Bambang, terletak di desa Bago, kecamatan Pasirian atau sekitar 24 Km dari kota Lumajang yang dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua atau empat dengan akses jalan yang mudah dan beraspal halus. Seperti biasa, karena terletak di laut selatan, pantai ini memiliki ciri khas yang sama dengan pantai-pantai lain yang sama-sama di laut selatan, yaitu memiliki ombak yang besar dan tidak lepas dari kepercayaan dari masyarakat sekitar tentang mitos “Nyi roro kidul” atau ratu laut selatan yang dipercaya sebagai penguasa laut selatan. Pantai Bambang ini memiliki pasir kehitaman yang disebabkan aliran sungai yang membawa material dari gunung Bromo yang bermuara di dekat pantai Bambang ini. Keberadaan material atau pasir hitam ini juga mempunyai fumgsi tersendiri yaitu sebagai penyimpan air tawar dari aliran sungai ataupun saat musim hujan, sehingga meskipun berada di pinggir laut yang berair asin masih terdapat air tawar. Pemandangan di pantai ini cukup indah dengan view pegunungan dan memiliki ombak setinggi 3 meter, menjadikan pantai ini ramai dikunjungi saat akhir pekan atau liburan dan saat liburan lebaran. Tiket masuk ke pantai ini cukup murah Rp.5000,- belum termasuk parkir kendaraan. Pantai Bambang ini juga dikenal sebagai penghasil batu-batu hias dengan bentuk agak bulat pipih yang terbentuk secara alami dari sedimen di muara sungai dan banyak digunakan sebagai hiasan di halaman rumah. Di sisi lain dari pantai ini juga terlihat aktifitas pertambangan pasir yang diangkut menggunakan truk-truk besar. Di pantai ini biasanya para pengunjung bisa bermain bola, bermain pasir dan berenang, namun harap berhati-hati karena ombaknya yang besar. Demi menjaga keamanan para pengunjung, pihak pengelola menempatkan tim SAR dan anggota kepolisian yang berjaga dan berpatroli di sekitar pantai. 


pantai di lumajang
Pantai Watu Godeg, terletak di kecamatan Tempursari atau 80 Km arah selatan dari kota Lumajang. Untuk menuju ke pantai Watu Godeg terdapat dua rute, yang pertama dari kota Lumajang dilanjutkan menuju ke kecamatan Pasirian kemudian dilanjutkan lagi menuju kecamatan Tempursari melalui jalur pesisir pantai selatan, diperbatasan antara kecamatan Pasirian dan Tempursari inilah pantai Watu Godeg berada. Rute kedua melalui kota Malang menuju ke kecamatan Dampit menggunakan bis mini kemudian dilanjutkan menuju ke Kali bening, berganti kendaraan menuju ke kecamatan Tempursari dan pantai Watu Godeg. Nama Watu Godeg sendiri konon diambil dari sebuah kejadian alam unik, yaitu adanya sebuah batu besar yang ada di pinggir pantai ini, saat di terpa ombak pasang batu ini bergoyang-goyang. Watu Godeg yang dalam bahasa setempat berarti batu bergoyang. Pantai Watu Godeg dikelilingi tebing-tebing yang menjulang tinggi dengan rerimbunan pohon pandan laut yang tumbuh subur di pinggiran pantai, sehingga menambah asri suasana. Di sekitar pantai Watu Godeg juga terdapat rawa-rawa namun berbeda dengan rawa-rawa pada umumnya, yaitu mempunyai air yang jernih dan ditumbuhi pepohonan yang rimbun. Biasanya para wisatawan berkunjung ke pantai ini saat akhir pekan atau liburan dan saat libur lebaran pantai ini penuh dengan pengunjung jadi ramai suasananya. Di tempat ini para pengunjung bisa bermain air atau berenang namun harap berhati-hati karena ombaknya yang besar, untuk anda yang membawa anak kecil disarankan untuk berenang di rawa-rawa disekitarnya, lebih aman. Sebelum berkunjung ke tempat ini, persiapkan kendaraan anda, karena medannya melewati perbukitan dan persiapkan perbekalan makanan dan minuman karena ditempat ini hanya pada waktu-waktu tertentu saja terdapat pedagang berjualan makanan dan minuman. Kuliner yang ada di tempat ini yang terkenal adalah ikan tongkol bakar, kuliner khas pantai Watu Godeg yang banyak disukai para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.


pantai di lumajang
Pantai Dampar, terletak di dusun Dampar, desa Bades, kecamatan Pasirian atau sekitar 1 jam perjalanan dari kota Lumajang. Lokasi pantai ini berdekatan dengan sebuah danau yaitu danau Dampar yang berair tawar. Untuk menuju pantai Dampar sebelumnya, para wisatawan harus menyeberangi danau menggunakan perahu sampan dengan menyewa. Pantai Dampar adalah pantai yang memiliki pasir hitam dengan ombak yang besar dan cocok untuk bermain selancar. Suasana yang tenang dan jauh dari keramaian di pantai ini banyak dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk beristirahat dan beraktivitas seperti berenang, menyelam dan sekedar berjemur. Dari pantai Dampar, kita bisa melihat keindahan pulau Nusa Barong dengan tebing-tebingnya yang terjal dan menjulang tinggi. Setelah berenang di pantai para wisatawan bisa membersihkan diri dengan berenang di danau untuk melepaskan sisa-sisa garam yang menempel pada badan.


pantai di lumajang
Pantai Watu Pecak, terletak di desa Selok awar-awar, kecamatan Pasirian atau sekitar 18 Km arah selatan dari kota Lumajang atau menempuh perjalanan sekitar 35 menit. Lokasi pantai ini berdekatan dengan pantai Bambang yang berada di sisi sebelah timur dari pantai ini. Seperti halnya di pantai Bambang, pantai Watu Pecak ini juga memiliki ombak yang besar karena terletak di laut selatan, jadi tidak disarankan bagi wisatawan untuk berenang di pantai ini. Namun, bagi anda penggemar olahraga selancar, ombak di pantai ini cukup menantang  untuk menguji nyali anda. Sayangnya, pantai ini banyak aktifitas pertambangan pasir, sehingga banyak menyebabkan kerusakan dan yang paling parah adalah adanya banjir rob hingga merobohkan rumah-rumah penduduk yang ada di tepian pantai. Banjir ini terjadi karena pendangkalan pantai. Di hari-hari tertentu di tempat ini digunakan upacara melasi atau suci bumi yang dilakukan oleh umat hindu dharma bali.


pantai di lumajang
Pantai Tlepuk, terletak di desa Gondoruso, kecamatan Pasirian atau sekitar 31 Km dari kota Lumajang, bisa ditempuh dengan kendaraan roda 2 atau pun roda 4 dengan jalan kecil yang beraspal halus melewati jalur lintas selatan. Pantai Tlepuk adalah pantai yang memiliki pasir putih dengan panorama yang indah dan memiliki keunikan tersendiri dengan terdapatnya rawa-rawa di sekitar pantai dengan pepohonan rimbun dan ombak besar dengan suasana yang tenang dan jauh dari keramaian. Biasanya para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, memanfaatkan waktu dengan berenang, berjemur, bermain voli, berjalan-jalan menyusuri pantai dan pantai Tlepuk ini menjadi tempat ideal untuk memancing karena letaknya berdekatan dengan rawa-rawa. 


Artikel lain :




2 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda, terima kasih