Wisata Edukasi Di Puslit Koka Indonesia



wisata indonesia
wisata indonesiaPuslit – Pusat penelitian kopi dan kakao Indonesia terletak di desa kaliwining, kecamatan Rambipuji, kabupaten Jember. Menempati lahan seluas 160 Ha yang sebagian besar adalah perkebunan kopi dan kakao (coklat).  Sebagai pusat penelitian, lembaga ini mampu menghasilkan sejumlah temuan baru hasil dari penelitian tentang kopi dan kakao. Bahkan hasil penelitiannya banyak menjadi rujukan negara-negara lain di dunia. Hal inilah yang mendorong Puslit bertransformasi untuk mengembangkan wisata dengan berbasis edukasi/pembelajaran kepada masyarakat umum, terutama pada siswa, pelajar, akademisi dan petani dengan harapan setelah mengikuti pembelajaran di puslit, dapat membawa pulang banyak ilmu tentang kopi dan kakao. Edukasi yang dilakukan disini cukup lengkap, antara lain pengelola puslit akan memaparkan secara utuh proses penelitian kopi dan kakao, bahkan sampai menjadi produk turunannya (produk unggul). Hal yang digemari masyarakat seperti proses pembuatan kopi dan coklat pun akan diajarkan disini termasuk cara memetik buah kopi yang benar dengan langsung praktek dikebun. Selain itu, juga diajarkan proses merancang dan menggunakan alat seperti mesin produksi kopi dan kakao yang cukup canggih. Khusus bagi para petani, akan disediakan kelas khusus yang tentunya tidak kalah menarik. Semua proses pembelajaran disini akan dikemas dengan suasana enjoy dengan pemandu yang ramah seperti saat sedang berlibur di tempat wisata. Sejumlah fasilitas penunjang di lokasi juga telah disediakan termasuk guest house, tempat ibadah, toilet dan lain-lain untuk menyempurnakan konsep berlibur sambil belajar dengan suasana perkebunan yang sejuk dan asri dengan keindahan panorama alam. Mengunjungi tempat ini cukup mudah hanya sekitar 30 menit, dari pusat kota Jember dengan akses jalan yang mudah, bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi bisa mengambil rute menuju kecamatan Jenggawah melewati desa mangaran dan kebun renteng terus menuju ke desa kaliwining – kecamatan Rambipuji.
            Tempat ini banyak dikunjungi tamu dari luar pulau dan warga negara asing terutama dari negara-negara penghasil kopi dan kakao, mereka datang untuk belajar dilembaga yang telah didirikan sejak 1911 ini dan menjadi satu-satunya di Indonesia. Lembaga penelitian kopi dan kakao ini berpotensi dikembangkan menjadi destinasi wisata baru di kabupaten Jember selain wisata alam yang ada. Bahkan, bila dibandingkan dengan daerah lain kabupaten Jember bisa dikategorikan sebagai daerah yang memiliki banyak wisata unggulan dan wisata berbasis edukasi Puslit ini bisa menjadi segmentasi yang berbeda. Hal ini dimanfaatkan oleh dinas pariwisata untuk ikut menyiapkan konsep paket wisata ini apalagi setelah melihat perkembangan lembaga ini menjadi rujukan dari luar daerah dan warga negara asing. Harapannya agar wisatawan lokal dan mancanegara lebih tertarik lagi untuk datang ke Puslit dan bisa lebih cerdas setelah berwisata di Puslit. Rencananya ke depan konsep wisata ini akan dikemas dalam satu paket termasuk, tiket pesawat, penginapan, akomodasi dan pemandu sehingga pengunjung tidak perlu repot memikirkan itu semua. Dinas pariwisat juga berencana untuk menyediakan kendaraan angkut berupa bus khusus untuk mengunjungi seluruh area wisata ini. Bagi anda yang tertarik untuk belajar ilmu tentang kopi dan kakao termasuk bagaimana memetik buah dengan benar, cara mengolah kopi unggulan dan proses pembuatan coklat yang saat ini menjadi primadona, bisa datang untuk belajar di tempat ini. Asyik kan...Berlibur sambil belajar*)

Artikel terkait :
Belajar mendapatkan cita rasa kopi spesial

1 comment:

  1. Bbrp waktu lalu main kesini bawa rombongan wisata tour Travel Jember Malang, trs nyobain kopinya. Ternyata memang enakkk sekali, yg jenis arabica apa gt lupa, :) one of the best coffee yang pernah ak sruput.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda, terima kasih