Sajian Menu Kuliner Istimewa Khas Jember



JemberBerkunjung ke kota Jember, tidak lengkap rasanya jika belum mencoba berwisata kuliner. Nah, mungkin anda yang lagi bosan dengan menu-menu kuliner yang biasa-biasa saja dan menginginkan menu kuliner yang berbeda, anda bisa mencoba berwisata kuliner di beberapa tempat yang terbilang memiliki menu yang tradisonal istimewa yang jarang ditemukan di tempat lain. Beberapa tempat kuliner tersebut antara lain :

rumah makan ikan goreng cianjur
RM Ikan Goreng Cianjur
Restoran ini terletak di Perumahan Argopuro Boulevard AB/ 25-31 dan mulai buka dari jam 11:00 hingga jam 22:00. Meskipun terletak di kawasan yang terbilang mewah, restoran ini menyajikan berbagai macam pilihan menu tradisional dengan harga setara kaki lima tapi kualitas bintang lima. Salah satu menu yang menjadi favorit di RM Ikan Goreng Cianjur adalah pepes ikan nila yang disajikan dengan kenikmatan bumbu rempah-rempah dan harumnya daun kemangi, dibungkus dengan daun pisang kemudian di kukus dan dibakar. Aromanya yang harum tidak heran menjadi buruan para pecinta kuliner di Jember. Menu lain yang tergolong juga istimewa adalah sate ikan gurami. Selama ini para pecinta kuliner biasa menikmati sate dari daging ayam atau kambing, kini dengan hadirnya sate ikan gurami bisa menambah keragaman kuliner baru di kota Jember. Sate ikan gurami ini di sajikan dengan dibalur tepung crispy kemudian di bakar dengan bumbu spesial khas Cianjur. Menu lain yang menjadi signature dish di RM Ikan Goreng Cianjur ini adalah ikan gurami bumbu pesmol Cianjur yang terkenal dengan cita rasanya yang tradisional, gurih, asam manis dan kental. Berbeda dengan rasa asam manis pada umumnya yang terkesan oriental, bumbu pesmol ini diolah dari bahan-bahan tradisional, jadi terkesan rumahan. Menurut pengelola restoran, menu ikan gurami dengan bumbu pesmol ini menjadi yang pertama di Jember dan banyak diminati para pengunjung bersama menu pepes ikan nila. Restoran ini terkesan menonjolkan unsur kedaerahan dan tradisional dengan suasana restoran yang nyaman. Para pengunjung seperti diajak bersantai di ruangan yang didesain klasik yang dibagi menjadi 2 ruangan, yaitu ruangan non smoking dan smoking, dan sebuah ruangan khusus disalah satu sisi yang bisa digunakan untuk pertemuan dengan kapasitas 30 orang. Ruangan lain yang ada di RM Ikan Goreng Cianjur ini adalah hall yang bisa menampung hingga 150 orang yang biasa disewakan untuk keperluan ulang tahun, pesta pernikahan, acara reuni dan agenda-agenda besar lainnya. Selesai menikmati berbagai menu kuliner, anda bisa membawa pulang oleh-oleh roti barby’s yang bisa di beli didalam area restoran dengan pilihan macam-macam roti dan pastry.

rumpi-rumpi home bistro
Rumpi-Rumpi Home Bistro
Restoran ini terletak di jalan Tidar No.21 Jember dan pemiliknya adalah putri firdausi dan Chandra yang sengaja memberi nama restorannya yang sederhana dan unik namun mudah untuk diingat, diucapkan dan ear catching tanpa menggunakan istilah asing. Tempat ini dari luar sekilas mirip dengan cafe karena terlihat sebagai tempat nongkrong dan berkumpulnya anak-anak muda. Tapi sebenarnya, tempat ini adalah bistro yang dalam bahasa Perancis berarti restoran kecil tempat orang makan makanan berat dan bersantai. Rumpi-Rumpi Home Bistro ini didesain gabungan retro-vintage dengan retro shabby chic dengan pertimbangan target market anak-anak muda dan keluarga. Restoran ini mempunyai dua buah area, yaitu outdoor untuk smooking dan indoor dengan ber AC. Di area outdoor di desain dengan konsep vintage garden. Konsep ini sengaja di pilih si pemilik karena belum banyak tempat makan atau restoran di wilayah Jember yang mempunyai konsep seperti ini. Menu kuliner di Rumpi-Rumpi Home Bistro mengedepankan cita rasa khas masakan rumahan, mulai masakan western yaitu pasta, salad dan desert, juga masakan Indonesia seperti nasi bakar rica-rica, berbagai menu nasi goreng dan jajanan khas Indonesia. Menu nasi bakar rica-rica ini terkesan spesial dan belum ada di tempat lain, yang umumnya nasi bakar itu di gulung dalam daun pisang di beri lauk dan daun kemangi. Tetapi nasi bakar disini dibumbui rica-rica dan mempunyai aroma daun kemangi yang kuat. Menariknya lagi, di restoran ini para pengunjung bisa memilih sendiri topping masakan dan minuman yang mereka inginkan. Tidak hanya topping, pengunjung bisa memilih level kepedasan mulai dari yang original, hot hingga burn dan dijamin lebih nendang pedasnya daripada sekedar pedasnya saos sambal. Untuk harga tidak perlu kuatir, semua menu kuliner di restoran ini cukup rasional dan terjangkau, dijamin tidak mahal. 

spesial belut surabaya H.poer
Resto Special H.Poer
Restoran ini terletak di ruko Gatot Subroto No.5, kota Jember. Restoran ini menawarkan menu kuliner spesial dari olahan ikan air tawar yaitu belut dengan berbagai rasa. Tidak banyak restoran yang menyediakan menu olahan dari belut, yang pada umumnya hanya di olah dengan digoreng renyah. Namun, di restoran H.Poer ini beda. Menyajikan berbagai macam olahan belut spesial, seperti pecel belut kering, pecel belut basah, pecel belut elek dan belut saos Inggris.  Belut saos Inggris menjadi salah satu menu kuliner yang best seller di tempat ini, penikmat kuliner bisa merasakan tekstur daging belut yang lembut dengan kematangan 75% tanpa mengurangi citarasanya yang spektakuler, dipadu dengan bumbu-bumbu spesial dan saos Inggris. Kuah kecapnya terasa nikmat di lidah, tidak heran banyak pengunjung yang memesannya lebih dari satu porsi. Untuk menu pecel belut elek, dimasak dengan kematangan 50% sehingga masih bisa dirasakan tekstur dagingnya yang kenyal dan gurih. Pengunjung juga bisa memilih sendiri sambal dengan tingkat kepedasan sesuai keinginan, dari yang ringan hingga istimewa. Satu lagi yang membuat menu pecel belut elek ini terasa semakin sedap, yaitu taburan bawang putih yang di geprak dan digoreng kemudian ditaburkan langsung. Restoran yang dikenal dengan special belut surabaya ini juga melayani pesanan dalam jumlah banyak atau catering dan dapat ditemukan di beberapa kota besar seperti Surabaya, Malang, Madiun dan Jember tentunya. Harga menu di restoran ini cukup terjangkau, tidak mahal.

Artikel lain :

1 comment:

  1. Mari berkunjung ke Rumah Makan Lestari jember yang enak menggugah selera anda buat makan. mari mampir ya

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda, terima kasih