Air Terjun Cantik Yang Tersembunyi di Hutan Bondowoso



Bondowoso- Berkunjung ke kota yang terkenal dengan sebutan “kota tape” ini memang tidak ada bosannya, banyak hal menarik yang membuat betah berkeliling hingga ke seluruh pelosok Bondowoso. Salah satu hal yang menarik itu tentu saja adalah pariwaisatanya yang cukup dikenal hingga manca negara seperti kawah ijen dan Bukit Megasari yang digunakan event paralayang internasional. Edisi jalan-jalan ke kota Bondowoso ini kita akan mencoba mengekplorasi destinasi wisata baru bagi para penggemar adventure, yaitu sebuah wisata alam air terjun yang keberadaannya belum banyak diketahui orang, bahkan belum punya nama karena tersembunyi di tengah hutan belantara yang terletak di lereng sebelah timur Gunung Raung. 

air terjun di bondowoso
Air Terjun Hutan Sibulet
Terletak di hutan Sibulet, diarea hutan lindung milik perhutani, sekitar 60 Km dari kota Bondowoso. Untuk menuju ke lokasi, kami start dari desa Sukorejo, kecamatan Sumberwringin menuju ke arah kawah ijen dengan menyewa guide lokal. Dari desa Sukorejo diperlukan perjalanan sekitar 30 menit hingga sampai di tepi jalan masuk hutan Sibulet. Kemudian ikuti jalanan setapak yang turun naik sekitar 3 - 5 Km melintasi perkebunan kopi, hingga mencapai pondok kayu di tengah perkebunan kopi milik pak siti. Jalanan ini hanya bisa dilewati menggunakan sepeda motor, disarankan menggunakan ban trail jangan menggunakan motor matic dan di musim hujan hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki karena jalanan cukup licin, jadi disarankan ke tempat ini saat awal musim kemarau yang biasanya berbarengan dengan musim petik kopi. Di pondok kayu tersebut bisa digunakan tempat istirahat sekaligus tempat penitipan sepeda motor dan sebaiknya gunakan kunci pengaman tambahan. Dari pondok kayu ini, untuk menuju ke lokasi air terjun, ikuti jalan kecil dari arah sebelum ke pondok, jalannya ada di sebelah kanan jalan, ikuti jalan di tengah perkebunan kopi tersebut hingga bertemu lahan miring yang cukup ekstrem, cari jalan memutar mengikuti pipa air, turun menuju ke sungai yang ada dibawah. Karena lokasinya berada di tengah hutan lindung, disarankan menggunakan celana panjang dan sepatu boot atau sandal/sepatu khusus outdoor, selain untuk keamanan dari gangguan binatang seperti ular dan lain-lain juga disarankan membawa golok untuk membuka jalan dari sungai menuju air terjun karena banyak ditumbuhi tanaman yang bisa menyebabkan kulit panas dan gatal. Tentu saja yang paling penting adalah siapkan stamina, jangan lupa bawa air minum dan makanan dan lebih aman lagi disarankan membawa tali dan tongkat, karena dilahan miring ini tanahnya sering longsor, jadi hati-hati. Setelah sampai di pinggir sungai kecil dengan air yang jernih dan beraliran lumayan deras, dilanjutkan menyebrangi sungai. Dari pinggiran sungai sudah terlihat 2 buah air terjun yang alirannya jatuh dari atas bukit batu setinggi 15 meteran yang airnya berasal dari mata air di atasnya. Gunakan golok untuk membersihkan jalan di pingiran sungai untuk membuka jalan menuju ke air terjun, sekitar 30 meter dari pinggiran sungai. Air terjun ini benar-benar masih alami, airnya jernih dingin menyegarkan dengan bebatuan dan batang kayu besar ada dibawahnya, menambah kesan eksotik. Di tempat ini anda bisa menghabiskan waktu sambil beristirahat, bermain air, mandi dan berburu foto cantik.


air terjun di bondowoso
Air terjun Hutan Sipeltas
Terletak di area hutan lindung di kawasan perhutani hutan sipeltas, dalam bahasa setempat “sipeltas” berarti terlempar/melenting. Lokasi jalan masuk hutan Sipeltas ini sekitar 5 Km dari jalan masuk hutan Sibulet, arah ke atas menuju kawah ijen. Bila anda ragu-ragu bisa bertanya pada orang penduduk desa atau lebih aman membawa guide lokal. Dari tepi jalan masuk menuju hutan Sipeltas, ikuti jalan setapak turun naik melintasi perkebunan kopi, dengan jarak sekitar 5 Km hingga bertemu sebuah pondok besar milik pak salim. Di pondok ini anda bisa beristirahat, menitipkan sepeda motor dan bertanya jalan menuju ke air terjun. Pondok pak salim ini digunakan untuk tempat pengolahan kopi, terlihat banyak peralatan pengolah yang lengkap, bahkan terdapat genset kecil yang bila malam hari bisa digunakan sebagai penerangan, bahkan air pun cukup melimpah di tempat ini, cocok bila anda ingin bermalam ditempat ini sambil berapi unggun di malam hari. Pak salim pemilik pondok ini sangat ramah dan baik hati, bahkan beliau bersedia mengantar kita menuju ke lokasi air terjun. Dari pondok ikuti jalan kecil ditengah perkebunan kopi disamping pondok dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor bila berani hingga mencapai batas tepi hutan, kira-kira 2 Km. Dari tepi hutan ini, masuk menembus ke hutan melewati rimbunnya semak-semak yang pasti jarang dilewati orang. Gunakan golok untuk membuka semak-semak dan harap berhati-hati karena banyak tanaman gatal dan ular. Suasana sepanjang perjalanan cukup sepi dan menyegarkan di tengah rimbunya pohon-pohon besar berusia ratusan tahun, bila beruntung bisa bertemu hewan hutan seperti burung-burung, monyet, babi hutan, ular piton, kijang dan berbagai jenis hewan langka yang dilindungi, bahkan di area hutan ini kemungkinan masih terdapat habitat harimau tutul. Setelah menembus semak-semak, dilanjutkan berjalan melipir dilereng perbukitan yang dibawahnya terdapat jurang, harap waspada akan tanah longsor. Setelah itu, ikuti jalan menurun hingga mencapai tepi sungai. Dari pondok ke tepi sungai kurang lebih memerlukan waktu sekitar 1,5 jam dengan berjalan kaki. Dari tepi sungai tersebut sudah terlihat air terjun cantik setinggi 20 meteran dengan aliran deras dan jernih yang masih alami, jatuh dari atas tebing batu. Ikuti jalan di tepi sungai, dengan membuka jalan menggunakan golok hingga mencapai air terjun. 

Inilah beberapa air terjun yang sempat kami datangi bersama teman-teman adventure, smoga bisa menambah referensi bagi anda penggemar wisata adventure. Saran kami, persiapkan stamina dan segala perlengkapan yang diperlukan demi keamanan dan ingat selalu waspada dan jangan merusak hutan dan isinya...*) 

Artikel lain :

No comments:

Post a comment

Silahkan tinggalkan komentar anda, terima kasih