Belajar Cita Rasa Kopi Spesial di “Indonesia Coffee Academy”



inspirasi kreatif
belajar cita rasa kopi spesialSaat ini bisnis kopi lagi booming ditandai banyaknya pecinta kopi dan menjamurnya berbagai macam gerai yang menyediakan kopi special. Sebenarnya apakah yang dimaksud coffee spesial atau special coffee itu ...?? Menurut para ahli kopi, kopi spesial itu adalah biji kopi yang mempunyai kategori premium atau gourmet yang dikelola dengan cara benar mulai dari cara pemetikan atau panen hingga pemrosesan, memiliki total defect atau kerusakan kurang dari 4% yaitu dalam 1 Kg biji kopi yang belum disangrai/roasting (green bean) kerusakan kopi kategori spesial tidak boleh lebih dari 40 gr dan memiliki nilai cupping test lebih dari 80. Bagaimana cara menikmati kopi spesial itu...?? kopi spesial disajikan dengan metode penyeduhan yang benar, menggunakan alat manual maupun mesin. Kopi spesial diproses/diseduh dengan suhu 90 derajat, jangan dicampur gula dan sebaiknya first in first out yaitu kopi yang di seduh sebaiknya yang baru digiling dan baru di roasting/sangrai. Pertanyaan-pertanyaan itulah yang menginspirasi beberapa kedai kopi premium di indonesia untuk membuat kursus atau tempat belajar bagi para penggemar kopi dan pebisnis kedai kopi tentang cara menyajikan dan menikmati kopi special. Di tempat itu mereka bisa belajar cupping/mencicipi dan brewing/menyeduh. Beberapa kedai premium yang menyelenggarakan kursus tersebut antara lain :
Anomali Coffee, lokasi di Jakarta Selatan dengan beberapa kelas seperti : crash course, coffee knowledge and theory of cupping. Kelas sesuai kurikulum, basic espresso,advance espresso,latte art, manual brewing dan coffee cupping. Barista Class dan Cupping gratis tiap hari rabu. Biaya : gratis – Rp. 8 Juta.
Caswell Coffee,  lokasi di Jakarta Selatan dengan kelas : Pre Q Class, Barista Class dan Cupping Class. Biaya : Rp.35 ribu – Rp. 5 Juta
ABCD School of Coffee, lokasi di Jakarta Selatan dan Bali dengan kelas : Brewing Class, Cupping Class dan Definitive Espresso Class. Biaya: Rp.500 ribu – Rp.3,25 juta
Kopi Kina, lokasi di Jakarta Selatan dengan kelas Cupping tiap akhir pekan. Biaya : gratis

Indonesia Coffee Academy, kelas yang diselenggarakan oleh kedai kopi premium Anomali Coffee dengan peserta hingga 60 orang dan semua bisa mengikuti kelas ini tanpa persyaratan khusus, baik itu sekedar hanya ingin tau saja, hobby dan pebisnis yang akan membangun kedai kopi. Maraknya kelas seperti yang diselenggarakan Anomali Coffee ini dipicu semakin tingginya kesadaran banyak orang, bahwa cita rasa kopi spesial itu tidak bisa didapatkan dari sekedar menyeduh kopi instan dalam sachet. Cita rasa kopi spesial terutama yang belum di blend memiliki karakteristik yang berbeda-beda meskipun sama-sama berjenis Arabika dan ditanam di daerah yang sama bisa menghasilkan cita rasa yang berbeda. Ada yang lebih terasa wine, fruity atau floral dan cita rasa tersebut keluar ketika di nikmati tanpa gula. Intinya rasa yang dihasilkan kopi itu tergantung dari rangkaian prosesnya, mulai dari petik hingga penyeduhan. Serangkaian proses itulah yang dipaparkan dalam kelas sesi cupping and brewing yang diselenggarakan Anomali Coffee, mulai mengenal cara menikmati kopi spesial, mengenal cita rasa kopi spesial sesuai dengan Coffee Taster Flavor Wheel sampai mempelajari cara menggunakan peralatan penyeduh kopi secara manual dan mesin. Karena kursusnya di kelas, proses petik, penggilingan, fermentasi dan roasting hanya bisa diajarkan secara teori dan untuk praktek hanya diajarkan proses grinding dan brewing manual dan menggunakan mesin. Kelas yang paling banyak peminatnya adalah theory of Cupping yang mengajarkan mengenal perbedaan cita rasa kopi single origin dari berbagai daerah di Indonesia. Dalam kelas tersebut peserta juga diajari cara menggunakan alat seduh kopi manual seperti “pour over” (V60) dan “syphon”. Tujuan diselenggarakan kursus atau kelas kopi ini tidak hanya sekedar edukasi untuk bisnis tapi agar semakin banyak masyarakat mengenal kopi spesial terutama dari Indonesia. Anomali Coffee juga melakukan edukasi pada para petani seperti yang dilakukan di Bondowoso – Jawa timur, ketika itu ada petani kopi yang biji kopinya sebenarnya berkualitas namun karena cara pemrosesannya keliru cita rasa kopi yang dihasilkan menjadi kurang kuat. Disinilah peran edukasinya dengan memberikan saran pada para petani dari sisi pemrosesan baik itu fully washed, semi-washed, honey process atau natural semua tergantung cita rasa yang dimunculkan. Bagi anda penggemar kopi dan ingin menjadi penikmat kopi special atau ingin membuka kedai kopi anda perlu belajar menjadi pencicip kopi itu sendiri, sebab belajar cupping merupakan dasar untuk bisa mengetahui dunia perkopian secara utuh. Meski mencicipi itu kelihatan mudah sebenarnya untuk kopi tidaklah mudah karena kopi memiliki volatiles/partikel yang terbang di udara dan memiliki aroma yang sangat banyak mencapai 800 volatiles. Jadi makin sering cupping atau mencoba cita rasa lama-lama akan mengasah indera perasa dan penciumannya.

Artikel terkait :
Agrowisata perkebunan kopi Arabica

No comments:

Post a comment

Silahkan tinggalkan komentar anda, terima kasih