Kemeriahan Parade Busana Ala BSC ( Best Situbondo Carnival )



Setelah belajar cara beternak kelinci, kali ini sisca akan mengajak kalian menuju alun-alun kota Situbondo untuk menyaksikan sebuah pesta karnaval yang tidak biasa yaitu sebuah parade busana yang di kemas dalam event “Best Situbondo Carnival”. Event ini  diselenggarakan
tiap bulan oktober oleh pemkab Situbondo melalui dinas pariwisata (DISPARBUDPORA ) dan melibatkan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD ), tujuh belas kecamatan dan masyarakat umum. Peserta event kali ini hanya dibatasi sebanyak 140 peserta dengan memperebutkan hadiah uang senilai 25 juta dan para peserta wajib mengikuti “one day technical guidance” yaitu pelatihan tentang bagaimana cara make over karakter dan face painting. Untuk biaya pendaftaran sebesar 25 ribu dan 75 ribu biaya pelatihan dengan juara yang diperebutkan meliputi : The best Design, the best performance, the best costume materials, the most unique costume dan the most suitable costume. Event BSC ini adalah yang kedua kali digelar oleh pemkab Situbondo, event pertama tahun lalu diselenggarakan dengan tema “era kejayaan islam tempo dulu “ yang di ikuti 200 peserta dengan menampilkan kostum seperti pejuang badar, konsep ratu balqis, era nabi musa, nabii sulaiman, kejayaan islam cina, islam india dan lain-lain. Untuk tema event kali ini diselenggarakan dengan tema “asapok ombek” atau dalam bahasa madura yang artinya berselimut ombak dengan beberapa kategori kostum seperti perahu, ikan, jaring, batu karang, ratu segara dan sesaji. Penilaian dilaksanakan di dua tempat yaitu, di GOR Baluran untuk penilaian “stage performance” dan di Alun-alun untuk penilaian “street performance”. Secara bergantian setiap peserta menampilkan koreografi sesuai dengan tema fashion yang dipakai di depan juri, selain itu peserta juga menampilkan narasi pendek hingga tampak memukau. Event ini sangat menarik, terbukti ribuan pengunjung memenuhi jalanan tempat event ini di selenggarakan terlihat juga para fotografer dan para pengunjung yang berebut mengabadikannya melalui kamera dan handphone. Untuk memeriahkan event ini tahun depan rencananya akan mengundang peserta dari luar untuk mengikuti event ini dan akan menjadikannya sebagai event rutin tahunan. Tujuan event ini yang utama adalah mengenalkan kebudayaan dari kabupaten Situbondo yang terkenal dengan sebutan kota santri dan warna kehidupan masyarakatnya yang dekat dengan laut yaitu sebagai nelayan. Smoga event ini bisa memajukan pariwisata Situbondo, sukses dan sampai ketemu pada event tahun berikutnya..*)

1 comment:

  1. Terimakasih ya, infonya bermanfaat.
    Oh ya, mau menambahkan informasi aja nih.
    Bagi yang membutuhkan Tempat Sewa Genset Syncronize Bali untuk berbagai keperluan seperti event misalnya, bisa coba hubungi kami dari Arthur Teknik ya. Dijamin profesional dalam pengerjaannya.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda, terima kasih